Nasihat Seorang Ibu Kepada Putrinya yang Akan Menikah (Merinding Bacanya)

Arahan serta wasiat dari Kawan dekat Rasulullah Saw. Umamah binti Al Harits RA, yang ditujukan pada putrinya pada hari pernikahannya :



Wahai putriku, Misal saja saran itu tak bermanfaat buat orang yang miliki keutamaan dalam akhlak maupun keturunan yang terhormat, pastinya engkau tak perlu saran, Tetapi nasihat ini utk mengingatkan orang yang kemungkinan lupa, mau pun sebagai bahan pertimbangan buat seorang yang berakal.

Wahai putriku, Misal saja istri tak butuh suami lantaran terasa cukup hanya dengan kehadiran orang tuanya serta kecintaan keduanya yang begitu pada putrinya, jadi engkaulah orang yang minimal memerlukan pernikahan. Akan tetapi telah kodrat, kalau wanita dicipta buat jadi pasangan pria. Serta sebaliknya, pria tercipta untuk jadi pasangan wanita.

Wahai putriku, Saat ini, engkau udah meninggalkan lingkunganmu yang dahulu serta rumah tempat engkau dibesarkan kedalam alam yg serba baru bagimu berbarengan pasangan yang terlebih dulu engkau tdk mengenalnya. Maka mulai sejak hari ini, engkau sudah jadi milik seorang. Jadilah engkau sebaik - baik pelayannya, pasti ia dapat jadi hamba bagimu.

Wahai putriku, Menjaga sepuluh perkara yang dapat kuberikan pada kamu, pasti bakal jadi kekayaan punya nilai serta kenangan


bagimu.

Pertama serta ke dua, Rekanilah suamimu dengan karakter qana’ah (apa yang ada) serta dengar dan taatilah perintahnya. Sebetulnya dengan karakter qana’ah, hatimu bakal tenang. Dan mendengar dan taat kepadanya, engakau bakal memperoleh ridha dari Rabb-mu.

Ketiga serta ke-4, Jagalah hidung serta matanya. Jangan sempat matanya lihat pada dirimu suatu hal yg tidak menyenangkannya. Maupun hidungnya mencium darimu, terkecuali bau yang harum. Jadi celak yaitu sebagus - baik hiasan mata serta air cukup untuk melenyapkan bau.

Ke-5 serta ke enam, Ingatlah saat makannya serta tenanglah saat tidurnya. Sebab kebanyakan gejolak lapar akan membakar amarah. Sedangkan kurang tidur bakal mengakibatkan emosi.

Ketujuh serta kedelapan, Hormati dan memelihara keluarga, anak - anak dan hartanya. Bila engkau bisa memelihara hartanya, pastinya engkau bakal beroleh kehormatannya. Bila engkau memelihara hak keluarga serta anak - anaknya jadi dapat membuatnya berlaku baik pada kamu.

Kesembilan serta kesepuluh, Jangan sempat engkau membeberkan rahasianya serta menentang perintahnya. Bila engkau memberikan bocoran rahasianya, jangan sampai ingin engkau selamat dari pembalasannya. Bila engkau menentang perintahnya jadi engkau bakal buat dadanya bergejolak. Lalu jaganlah engkau bergembira saat ia sedih atau pun bersedih saat ia tengah bergembira. Sebab, yang pertama yaitu bentuk kurangnya perhatianmu. Dan yang ke-2 dapat mengeruhkan hubunganmu dengannya. Usahakan semaksimal mungkin saja untuk menghormatinya pasti dia bakal berikan penghormatan untukmu. Seperti itu juga, jadilah engkau kawan akrab yang paling setia padanya, pastinya dia bakal berbuat sama terhadapmu.

Ketahuilah wahai putriku, bahwa engkau tidak mungkin memperoleh cintanya hingga dirimu ikhlas utk mengalah serta mengedepankan apa yang dikehendakinya daripada mesti ikuti apa yang engkau kehendaki.
Mudah-mudahan Allah senantiasa memberi kebaikannya padamu serta menjagamu. 
***
Mudah-mudahan allah memberkahi yang berikan serta yang siap terima Nasehat.

Allahu a'lam reportaseterkini. net

Sumber : www.reportaseterkini.net
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Nasihat Seorang Ibu Kepada Putrinya yang Akan Menikah (Merinding Bacanya)"